Xfce

Mengenal Xfce

Bismillahirahmanirrahim

Banyak yang bertanya, apa sih itu Xfce ?

Xfce sendiri adalah sebuah lingkungan desktop yang berbasis GTK+2 sama seperti GNOME. DE(Desktop Environment) ini banyak digunakan pada beberapa distro Linux yang memiliki pandangan bahwa kinerja suatu sistem itu lebih utama ketimbang tampilan yang mengakibatkan kinerja dari sebuah sistem menjadi lambat. Beberapa distro Linux yang lain nya juga memaketkan DE Xfce kedalam sistem nya antara lain :
  1. Debian
  2. OpenSuSE
  3. Slackware
Ada juga distro Linux yang menggunakan Xfce sebagai DE default nya yaitu Xubuntu.


Xfce telah merilis 4 versi dan versi terbaru nya adalah versi 4.4
Tampilan Default Xfce4 di Xubuntu

Berikut referensi setiap versi dari Xfce :
  1. Xfce Versi 1
  2. Xfce Versi 2
  3. Xfce Versi 3
  4. Xfce Versi 4
Lalu apa keunggulan dari Xfce dari segi kinerja ?
  1. Ringan
  2. Tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi
  3. Dapat bekerja dengan RAM minimal 512 MB untuk Xfce versi 4.4
  4. Dapat berjalan di prosesor Intel Atom
Terus Aplikasi bawaan/Default dari Xfce apa saja ? antara lain :
File manager Thunar

Pernah penulis mendengar bahwa Xfce itu tidak menarik dan tidak bagus dari segi desain dan tampilan nya, namun kini Xfce telah hadir dengan tampilan yang baru dan hampir menyamai GNOME Shell, yang sudah tersedia di versi 4.4 .

Xfce juga bisa menjadi solusi bagi para pendatang di Linux yang baru saja berpindah dari windows, karena apa ? , karena Xfce ini memiliki tampilan yang di lengkapi dengan panel dan whisker Menu serta indicator plugin(Jam,tanggal,network manager, dan notification daya batre) yang notaben nya hampir sama seperti tampilan di windows.

Lalu apa itu Whisker Menu ?
Whisker Menu(Pojok Kiri Atas)


Whisker Menu adalah aplikasi launcher/start menu yang ada di Xfce, tampilan nya pun tak jauh berbeda dari tampilan windows, namun yang membedakan adalah, di tool ini setiap aplikasi secara otomatis di kelompok kan sesuai dengan kategori nya, misal aplikasi LibreOffice di kategori kelompok Office, jadi user tidak bingungkan manakala akan mencari sebuah aplikasi yang ada di Xfce.

 Lalu bagaimana dengan sejarah dari Xfce ?

Xfce pertama kali bernama XFCE , singkatan dari "XForms Common Environment"(lingkungan desktop umum berbasis perangkat bantu Xform), pengembang pertama dari proyek Xfce adalah Olivier Fourdan.

Namun kini Xfce telah ditulis ulang kembali dan tidak menggunakan perangkat bantu Xform lagi , nama nya  tetap , tetapi tidak menggunakan huruf kapital "XFCE" dan di ganti menjadi "Xfce", para pengembangan nya mengatakan bahwa nama tersebut  bukanlah singkatan.

Sumber


Referensi :
  1. Wikipedia 
  2. fr.linkedin.com 
Sekian artikel dari saya , semoga dapat menambah refrensi anda tentang Linux, apa bila ada kesalahan saya mohon maaf, apa bila ada saran dan kritik bisa anda tinggal kan di bagian komentar.
Terimakasih







Related Posts:

4 Responses to "Xfce"

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Terima kasih banyak, Kang. Alangkah sedikit orang yang menulis soal XFCE dalam Bahasa Indonesia. Saya suka sekali akang memberikan pranala untuk setiap nama penting di XFCE. Saya lebih suka lagi akang menaut kepada Wikipedia ID untuk XFCE. Memang yang nomor 1 untuk pemula adalah definisi, dan dalam hal ini Wikipedia patut jadi yang pertama. Terima kasih.

    PS: saya harap akang tidak keberatan menambahkan skrinsot XFCE (default) di sini.

    ReplyDelete