Bermain Hosting Sederhana di Ubuntu Desktop dkk

Alternatif XAMPP di Ubuntu Desktop dkk

Bismillahirrohmanirrohim.

Di dunia programer indonesia atau luar  XAMPP adalah salah satu aplikasi yang tidak lagi asing , apalagi aplikasi ini sangat wajib sekali ada di Laptop mereka yang mayoritas memakai windows dan beberapa menggunakan linux. Keunggulan aplikasi ini adalah

  1. Praktis
  2. Sudah memuat aplikasi yang dibutuhkan untuk kebutuhan programerdalam bentuk hosting sederhana seperti apache,mysql,phpmyadmin,file zilla dll di Laptop mereka, yang rata-rata menggunakan host lokal untuk memanggil skrip web yang merka buat dari web browser atau yang sering digunakan dengan localhost.
  3. Tak perlu banyak konfigurasi.
Namun,
ada beberapa orang yang berpendapat bahwa XAMPP di Linux itu terlalu praktis, bagi mereka yang menyukai tantangan untuk mengkonfigurasi secara manual ada alternatif nya untuk menggantikan XAMPP yaitu menginstal secara manual paket-paket aplikasi webserver seperti apache,mysql,dan phpmyadmin , melalui software center maupun menggunakan terminal dengan menuliskan perintah sebagai berikut :
  • sudo apt-get install apache2 mysql-server phpmyadmin 
tekan enter, maka sistem akan meminta password root sistem anda.

NB : Dengan catatan anda harus mengupdate repositori yang ada di sisitem anda entah itu melalui repositori lokal(melalui DVD/CD) atau repositori server luar(terkoneksi dengan internet).

Selama proses berjalan anda akan mendapat beberapa pertanyaan yang di antara nya permintaan password untuk user mysql-server dan password user untuk mengakses phpmyadmin nya serta pada opsi pemilihan webserver apa yang akan di gunakan phpmyadmin , pilih apache dari dua pilih yaitu lightdm dan apache.

Apabila tidak ada kesalahan maka proses instalasi sudah benar. Secara default lokasi penyimpanan File html apache berada di direktori /var/www/ untuk ubuntu 12.04 LTS dan /var/www/html untuk ubuntu 14.04 LTS.

Untuk mengecek apakah webserver sudah berjalan atau belum, seperti biasa, ketikan kata localhost pada address bar di web browser anda. maka muncul sebuah tulisan "It Works!" pada ubuntu 12.04 LTS dan tulisan yang sama namun dengan tampilan yang berbeda di ubuntu 14.04 LTS.

Sekarang cek apakah paket aplikasi phpmyadmin nya sudah berjalan atau belum, yaitu dengan menulisakan kata localhost/phpmyadmin di address bar pada web browser anda. JIka sudah akan muncul sebuah tampilan web yang terdapat tulisan "Phpmyadmin" dan beberapa kolom yang diantara nya kolom pemilihan bahasa,username dan password, serta tombol login. Lalu ketikan nama user yang sebelum nya sudah anda konfigurasi waktu proses penginstalasi. Secara default user yang sering digunakan adalah user "root". Jika sudah memasukan kata sandi dan nama user , tekan tombol login/enter, maka anda akan mendapatkan tampilan phpmyadmin bagian pengkonfigurasian mysql-server secara GUI.

Memang cara ini terlihat ribet, namun jika anda memiliki jiwa Penasaran yang tinggi maka cara ini boleh anda coba.

Letak Konfigurasi File html di Apache

Secara default letak modul/berkas kofigurasi direktori dimana file html disimpan di apache terletak di /etc/apache2/sites-available/default pada ubuntu 12.04 LTS dan /etc/apache2/sites-available/000-default untuk ubuntu 14.04 LTS. Sebenarnya pada versi ubuntu 14.04 , berkas 000-default kini telah di buat lebih mudah dan tidak serumit versi sebelum nya. Untuk mengatur direktori file html di apache perlu mengedit sedikit script yang ada di modul 000-default pada ubuntu 14.04 dan default pada ubuntu 12.04
  1. Cari kata DocumentRoot /var/www/html untuk ubuntu 14.04 dan DocumentRoot /var/www/  untuk ubuntu 12.04
  2. Anda boleh menganti direktori tersebut ,selama direktori yang anda gunakan hak akses nya sudah di rubah.
  3. Pada ubuntu 12.04 ada opsi <Directory /var/www/ > , itu juga harus menyesuaikan dengan opsi DocumentRoot yang ada di atas nya.
  4. Jika sudah reload dan restart paket apache nya dengan perintah 
  • sudo service apache2 reload
  • sudo service apache2 restart

JIka tidak ada kesalahan maka konfigurasi yang sudah anda lakukan , sudah benar.


sekian dari saya apabila ada kesalahan 
saya mohon maaf, dan jika ada pertanyaan bisa meninggalkan komentar dibawah.

Tutorial Linux :

  1. Debian Server




Related Posts:

1 Response to "Bermain Hosting Sederhana di Ubuntu Desktop dkk"

  1. Terima kasih banyak, Kang Drajat. Saya senang sekali akang punya blog.

    ReplyDelete