Cara menambah Shortcut/tombol kombinasi di Lubuntu atau GrombyangOS

Tombol Kombinasi di LXDE ?

Sebuah DE yang klasik namun powerfull jika digunakan di PC yang memiliki spesifikasi hardware yang standar sekelas pentium 4 dengan bantuan window manager openbox yang ringan saat digunakan.

Pertama kali saya menggunakan LXDE atau Lubuntu saya merasa OS ini sangat berguna sekali bagi linuxer yang memiliki PC yang jadul seperti saya pakai juga hehehe .. tetapi yang saya bingung kan yaitu tidak ada nya atau belum tahu nya saya tentang aplikasi GUI yang mengatur atau men-set tombol kombinasi untuk memanggil dan menjalankan sebuah aplikasi yang ada di sistem kita , contoh di Lubuntu dengan menekan tombol kombinasi ctrl+alt+T akan membuka aplikasi terminal , ini lah yang mebuat saya penasaran , apakah bisa membuat tombol kombinasi yang lain nya selain membuka aplikasi terminal ? , setelah tanya sana-sini dan utak-utik sana-sini , alhamdulillah bisa menemukan cara nya, ya walau agak ribet sih harus mengkonfigurasi nya secara mode teks .

Oke langsung aja saya beritahu contoh cara menambahkan tombol shorcut untuk menjalankan browser firefox

1. Buka terminal

Ketik perintah : cd .config/openbox/

2. Edit file lubuntu-rc.xml

Ketikan perintah : nano lubuntu-rc.xml

lalu tambahkan skrip berikut di bagian paling bawah

<!-- Launch a firefox on Alt + W-->
    <keybind key="A-W">
      <action name="Execute">
        <command>firefox</command>
      </action>
    </keybind>

Jika sudah tekan tombol ctrl+O lalu tekan tombol ctrl+X untuk keluar dari editor text nano ,

jika sudah logut lah , apabila tidak bekerja restart sistem anda dulu dan coba lah tekan tombol Alt+W dan lihat apakah berkerja atau tidak , :D

Ket:

tanda : <!-- --> berguna untuk menuliskan komentar dan tulisan tersebut tidak akan dieksekusi oleh sistem

tanda : key="A-W" . Huruf "A" melambangkan tombol "Alt" , tanda "-" untuk memisahkan bahwa tombol yang ditekan lebih dari 1 , sedangkan huruf "W" melambangkan tombol "W" . Tapi jangan diubah ya posisi nya takut nya malah gak jadi hehehe :D , Opsi tersebut dapat diimplementasikan dengan aplikasi yang lain seperti nitrogen , midori , pcmanfm dll dengan cara menggantikan opsi key dan isi dari <command></command> .

Selamat mencoba , :D
Jika ada yang ingin ditanyakan bisa meninggakan komentar .


Related Posts:

0 Response to "Cara menambah Shortcut/tombol kombinasi di Lubuntu atau GrombyangOS"

Post a Comment