Cara sedehana menyelamatkan file .Conf yang Error karena sintax yang salah

Perintah "CP" di terminal

sepele memang sebuah perintah shell command yang bernama "CP"(Copy-Paste) 
tetapi ini adalah salah satu perintah yang sangat sederhana untuk membantu kita dalam melakukan sebuah konfigurasi dan penyelamatan sebuah file versi Terminal

contoh


saya akan mengkonfgurasi file /etc/proftpd/proftpd.conf . dalam mengkonfigurasi saya banyak menambahkan sebuah scricpt dan penghapusan tanda pada file tersebut seperti "#, ; , : , . ," nah secara tidak sengaja saya menghapus satu huruf saja dalam file tersebut dan tanpa di cek terlebih dahulu saya langsung menyimpan file konfigurasi tersebut dan langsung merestart nya

setelah itu muncul lah peringatan [Fatal], [Error] dll pada saat merestart konfigurasi tersebut, lalu bagamana dong cara tercepat mengembalikan kembali file konfigurasi tersebut? apakah mere-install paket proftpd nya lagi atau meng-copy dari teman ?

ada cara mudah untuk mengatasi hal ini , jika memang anda sudah ahli dan dalam bidang ini saya hanya menyaran kan untuk setiap kali mengkonfigurasi file .conf alangkah baik nya kita meng-backup file tersebut terlebih dahulu.

contoh

langkah pertama sebelum pengkonfigurasian file proftpd.conf

ketikan lah perintah 'cp /etc/proftpd/proftpd.conf /home/drajat/backupfile/proftpd.conf' (enter)

lalau saya langsung mengkonfigurasi file  /etc/proftpd/proftpd.conf nya

tetapi setelah selesai mengkonfigurasi dan mere-start nya ternyata ada kesalahan dalam konfigurasi file tersebut. tanpa harus mencari kesalahan dalam file konfigurasi tersebut dan tanpa ambil pusing saya langsung mere-store saja file konfigurasi asli nya yang ada di direktori '/home/drajat/backupfile/' lalu menjalankan perintah "cp" kembali "

'cp /home/drajat/backupfile/proftpd.conf /etc/proftpd/proftpd.conf '

lalu merestart nya /etc/init.d/proftpd restart

alhamdulillah semua kembali seperti semula

memang yang sederhana itu selalu di lupakan tetapi
hal yang sederhana dapa membantu hal yang rumit.


Related Posts:

2 Responses to "Cara sedehana menyelamatkan file .Conf yang Error karena sintax yang salah"