LXDE si teman yang ramah bagi komputer/Laptop yang sudah berumur

LXDE

Bismillahirrahmannirrahim.

Sistem operasi linux terkenal akan ke-unikan nya ,kestabilan dan keamanan nya. Tetapi kini saya akan membahas tentang keunikan dari linux dari segi "DE". 

Apa itu "DE"?

DE itu singkatan dari Desktop Environment , yaitu sebuah lingkungan desktop yang digunakan di distro Linux.Tidak seperti yang ada di OS tetangga , linu menawarkan banyak sekali DE yang menarik seperti KDE, GNOME, Cinnamon, Unity, Xfce , LXDE , OpenBox dll

Nah, sekarang saya akan memperkenalkan DE yang sangat bersahabat dengan PC/Laptop yang sudah  berumur atau bahasa lain nya jadul, yaitu LXDE.

LXDE singkatan dari 
Lightweight X11 Desktop Environment, yang di rancang untuk pengguna yang memiliki kendala terhadap komputer nya dalam segi spesifikasi yang rendah dengan desain yang ramping.

LXDE identik dengan distro linux Lubuntu, karena Lubuntu sendiri juga sebuah distro turunan Ubuntu yang di desain untuk komputer/Laptop yang memiliki spesifikasi rendah. Tidak hanya Lubuntu saja yang menggunakan DE tersebut secara default tetapi ada distro lain yang juga sama-sama menggunakan DE ini distro yang di maksud yaitu Arch Linux,Debian, Ubuntu dll. Sebenar nya LXDE ini bisa di gunakan di seluruh distro Linux. ada dua cara dalam penginstalan LXDE yaitu secara GUI dan CLI. 



apa itu GUI? 



GUI(Graphic User Interface) yaitu tampilan sebuah desktop dari Sistem Operasi yang berbasis Grafsis, 



lalu Apa itu CLI ?



CLI(Command Line Interface) yaitu tampilan sebuah dekstop dari Sistem Operasi yang berbasis Teks, atau dengan maksud lain yaitu tampilan yang hanya memiliki dua warna yaitu hitam untuk background nya dan putih untuk warna teks nya


lalau bagaimana penginstalan LXDE secara gui ?


Jika anda pengguna Ubuntu anda bisa mendownload nya di Ubuntu Software Center dan anda juga bisa langsung datang ke web resmi dari LXDE dengan cara mendownload nya.


Kalau CLI gimana dong..?


masuk ke mode terminal dan ketikan perintah apt-get install lxde.


jika ada pertanyaan seperti ini "Do you want to continue [Y/n]?" tekan tombol "Y" dan [Enter]


tunggu hingga selesai. jika ada permintaan untuk reboot, restart laptop anda. jika sudah masuk sesion login. lihat pada bagian nama user di sebelah kanan ada bentuk bulat berlogo ubuntu, coba anda klik lingkaran itu dan cari session LXDE, klik dan masukan password anda, tak kan lama nanti anda sudah bisa menikmati  lxde.

Beberapa screenshot dari LXDE milik saya



1.Aplikasi File Manager di Session LXDE


2.Aplikasi GIMP yang berjalan di LXDE


3.Membuat File .Tex dengan editor Nano di Terminal session LXDE




Sekian dan termakasih



Related Posts:

0 Response to "LXDE si teman yang ramah bagi komputer/Laptop yang sudah berumur"

Post a Comment